Selasa, 08 Januari 2008

tumbuhan hijau

T U M B U H A N H I J A U

Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau
Tumbuhan mampu membuat makanan sendiri, sedangkan hewan tidak. Namun tidak semua tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri, hanya tumbuhan berhijau daun (klorofil) yang dapat membuat makanannya sendiri.
Warna hijau daun pada tumbuhan yang ada di sekeliling kita disebabkan daun-daun mengandung zat hijau daun yang disebut KLOROFIL. Dengan klorofil itulah tumbuhan hijau dapat mengolah makanannya.
Prosesnya pengolahan makanan pada tumbuhan :

cahaya mth
Air + Karbondioksida (CO2) Karbohidrat + Oksigen (O2)
klorofil

Air tanah mengandung berbagai zat hara yang membantu meyuburkan tanah, yang diserap oleh akar (khususnya rambut akar) dari dalam tanah. Rambut akar mempunyai bentuk yang halus sehingga mudah menyusup ke dalam tanah. Air yang diserap oleh rambut akar masuk ke batang melalui pembulu kayu, kemudian air yang mengandung zat hara disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan.
Karbondioksida dari udara masuk melalui stomata dan lentisel. Stomata adalah lubang-lubang kecil (pori-pori) yang terdapat di permukaan daun. Lentisel adalah lubang-lubang kecil yang terdapat di batang.
Peran Cahaya Matahari Dalam Proses Pembuatan Makanan.
Air dan karbondioksida dapat diolah di daun yang banyak mengandung klorofil menjadi makanan (karbohidrat). Untuk membuat makanan, tumbuhan memerlukan cahaya matahari sebagai sumber tenaga atau energi. Energi cahaya matahari yang mengenai daun diserap klorofil. Energi tersebut dipakai klorofil untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi karbohidrat dan oksigen. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya matahari disebut FOTOSINTESIS (ASIMILASI).
Dengan demikian fotosintesis terjadi pada siang hari karena memerlukan cahaya matahari. Hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat (zat tepung), yang kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan pembuluh tapis atau pembuluh ayak dan digunakan untuk : tumbuh, bernafas, berkembang biak dan sebagian untuk disimpan sebagai cadangan makanan.
Tempat menyimpan cadangan makanan :
1. di dalam akar, ex : ubi kayu, ubi jalar, talas (keladi), wortel, lobak, bengkuang.
2. di dalam batang, ex : tebu, sagu, kentang
3. di dalam buah, ex : apel, jeruk, pepaya, nanas, pisang, manggadll.
4. di dalam biji, ex : padi, kacang-kacangan.
Umbi adalah bagian tanaman yang menggembung dan berfungsi sebagai tempat cadangan makanan pada tumbuhan. Makanan cadangan itu terbentuk melalui proses fotosintesis. Jika fotosintesis berjalan baik, maka terbentuk umbi yang baik pula.
Macam-macam umbi :
a. Umbi batang adalah bagian batang yang menggembung di dalam tanah dan berfungsi sebagai tempat makanan cadangan, ex : kentang.
b. Umbi akar adalah bagian akar tumbuhan yang menggembung dan berfungsi sebagai tempat makanan cadangan, ex : ketela pohon (singkong), ubi jalar, talas, wortel, bengkuang.
c. Umbi lapis adalah bagian batang yang juga menggembung di dalam tanah sebagai makanan cadangan, ex : bawang merah dan bawang putih. Jika umbi bawang putih kita tanam, maka tumbuh tunas dari umbi yang disebut SIUNG, yang akan menjadi tanaman baru.

Makanan hasil Fotosintesis Disimpan Sebagai Makanan Cadangan
Pada proses fotosintesis dihasilkan karbohidrat dan oksigen. Karbohidrat digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh, bernafas, memperbanyak diri dan sebagian disimpan sebagai makanan cadangan.
Tumbuhan menyimpan makanan cadangan pada :
1. Dalam umbi, ex : kentang, wortel, talas, singkong, bawang merah, bawang putih, bengkuang dan ubi jalar.
2. Dalam buah, ex : alpokat, mangga, jeruk, nanas, pisang, pepaya, durian, anggur, dll. Seperti mangga termasuk tumbuhan berbiji belah, bijinya berwarna putih yang dibalut oleh kulit tipis disebut kulit ari. Bila kita belah maka tampaklah keping dua buah. Di tengah-tengah keping tersebut ada benda kecil yang melekat disebut lembaga. Fungsi biji tersebut adalah sebagai cadangan makanan.
3. Dalam biji, ex : padi, kacang tanah, kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, dll.
4. Dalam batang, ex : tebu, sagu.

Lembaga adalah bakal tumbuhan baru yang mempunyai : bakal akar, bakal batang dan bakal daun. Biji dapat tunbuh karena mempunyai lembaga. Sebelum tumbuh lembaga tersebut mengambil makanan dari kelebihan makanan yang disimpan (cadangan makanan). Kelebihan makanan itu ada yang disimpan di akar, batang, buah dan biji.

Urut-urutan pertumbuhan berbiji belah sebagai berikut :
1. Biji baru ditanam di dalam pot yang telah diberi tanah humus.
2. Mula-mula tumbuh akarnya yang kecil, menuju ke bawah.
3. Kedua keping tersembul ke atas permukaan tanah dan tumbuh batangnya.
4. Kedua kepingnya terbuka dan tampak lembaganya.
5. Tumbuh daunnya dua helai berwarna hijau.

Pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan
Fungsi tumbuhan bagi manusia dapat dijadikan sumber :
a. Bahan pangan : biji-bijian, buah-buahan, daun-daunan, umbi-umbian, dll
b. Bahan obat-obatan : jahe, kencur, kunyit, bawang merah, bawang putih, dll
c. Bahan pakaian : kapas
d. Bahan pembuat rumah : kayu jati, mahoni, glugu, dll.
e. Penghasil oksigen (O2) untuk bernafas.
Pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan
1. tumbuhan yang dimanfaatkan daunnya
a) bayam
b) kangkung
c) kubis
d) sawi
e) seledri
2. tumbuhan yang dimanfaatkan bijinya
a) kacang kedelai
b) kacang hijau
c) padi
d) kacang tanah
e) ketan
3. tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya
a) apel
b) mangga
c) jeruk
d) rambutan
e) alpukat
4. tumbuhan yang dimanfaatkan umbinya
a) talas
b) singkong
c) bawang
d) kentang
e) wortel
5. tumbuhan yang dimanfaatkan batangnya
a) kayu jati
b) tebu
c) kelapa
d) kayu manis
6. tumbuhan yang dimanfaatkan akarnya
a) pasak bumi
b) gingseng
Sedangkan fungsi tumbuhan hijau bagi hewan sebagai sumber bahan makanan dan penghasil O2 untuk proses pernafasan (respirasi)
Tumbuhan juga berperan penting dalam proses pelestarian tanah, karena tumbuhan dapat mencegah erosi. Jika tumbuhan ditanam ditanam dengan jarak berdekatan satu sama lain, akar tumbuhan dapat menahan tanah sehingga tidak mudah terbawa oleh air hujan.
Hasil lain dari fotosintesis adalah oksigen yang dikeluarkan ke udara sehingga udara banyak mengandung oksigen yang selalu dibutuhkan manusia untuk bernafas. Sedangkan hasil fotosinetesis tumbuhan berupa yang antara lain digunakan oleh tumbuhan untuk bernafas atau disebut RESPIRASI, yang reaksinya sebagai berikut :

Karbohidrat + Oksigen (O2) energi + Air (H2O) + Karbondioksida (CO2)

1 komentar:

you want mengatakan...

apakah cadangan makanan yang digunakan untuk regenerisasi pada tumbuahn itu bisa disimpan pada batang maupun akar ?